Dwi Aini Bestari

Sebagai seorang peneliti, berhubungan dengan pemerintah adalah bagian erat dari pekerjaan saya. Beberapa tahun lalu saat menjadi asisten peneliti untuk pertama kalinya, saya diberi tugas untuk bertemu dengan perwakilan di instansi pemerintahan terkait perizinan. Status saya yang masih mahasiswi membuat beberapa orang mempertanyakan: Sejauh mana saya paham mengenai studi saya? Apakah saya paham cara kerja dan peran Instansi Pemerintah yang saya hubungi? Apa dampak positif dari studi tersebut untuk Instansi Pemerintah dan masyarakat?

Ternyata, di bidang mana pun kita bekerja, bermitra dengan pemerintah butuh seni dan keterampilan tersendiri. Di Savica, kami punya diskusi internal rutin untuk membahas berbagai hal di luar project kami. Topik Government Relations ini menjadi salah satu diskusi Savicans (panggilan untuk kami yang bekerja di Savica) dan menghasilkan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membina hubungan yang baik dan produktif dengan pemerintah.

  1. Jadilah Adaptif
    Boleh jadi, kita punya gaya bekerja dan berkomunikasi yang biasa kita lakukan di lingkungan kerja kita. Tapi, hal tersebut bisa saja berbeda dan belum tentu sesuai dengan budaya di instansi pemerintah. Untuk memulai, gunakanlah bahasa dan pendekatan yang formal, serta bersikap hati-hati jika punya pendapat atau saran. Misalnya, kita mungkin pernah menemukan hal-hal dalam program kerja pemerintah yang dirasa perlu diperbaiki. Sebaiknya kita tidak langsung bersikap kritis hanya karena merasa punya pengetahuan dan kapasitas dalam hal tersebut. Ingat, rendah hati adalah kunci! Kita perlu terlebih dahulu membangun interaksi yang baik, kemudian kita bisa menyampaikan pendapat dengan sopan tanpa menggurui.

    Meski demikian, bukan berarti seterusnya kita harus bersikap formal dan kaku. Kita bisa menyesuaikan diri dengan melihat seperti apa karakter orang-orang yang kita temui di instansi pemerintah. Bukan tidak mungkin kita bisa membangun hubungan yang santai dan menyenangkan dengan staf atau pejabat pemerintah, dengan catatan tetap menjaga sikap dan sopan santun.
  2. Jadilah Mitra yang BisaSebuah hubungan yang baik harus bersifat saling menguntungkan. Selain fokus pada tujuan kita, penting juga untuk mempertimbangkan kontribusi apa yang dapat kita berikan bagi instansi Pemerintah. Terlebih, Pemerintah punya peran dan tanggung jawab besar demi kepentingan publik. Karena itulah, untuk mendapatkan kepercayaan dari Instansi Pemerintah, kita tidak perlu menitikberatkan jabatan atau gelar yang kita miliki, tapi dukungan apa yang bisa kita berikan dengan posisi dan pengalaman tersebut. Hal ini juga jadi sangat penting untuk dilakukan, terutama saat kita merasa ingin memberi saran dan ikut memperbaiki program kerja pemerintah seperti dibahas di poin pertama. Saran dan kritik yang kita miliki harus selalu diikuti dengan solusi dalam bentuk kontribusi sesuai bidang keahlian kita. Selain itu, jika kita tidak bisa memberi bantuan teknis secara langsung, kita juga bisa memberi dukungan dengan menghubungkan mitra pemerintah dengan jejaring yang kita miliki, seperti peneliti, akademisi, dan ahli lainnya.  Let’s be resourceful!

  3. Menjaga Hubungan Baik
    Hubungan dan jejaring yang baik dengan Instansi Pemerintah merupakan “aset” yang berharga dan perlu dijaga. Meskipun kerja sama telah selesai, kita tetap bisa menjaga hubungan baik dengan membagi informasi-informasi yang relevan bagi Instansi Pemerintah seperti data atau hasil penelitian dan ringkasan kebijakan. Kita juga bisa melibatkan atau mengundang mitra pemerintah dalam berbagai kegiatan yang relevan dengan bidang mereka, seperti webinar, sesi diskusi, dan lain-lain.

  4. Belajar, Belajar, dan Belajar
    Menjalin hubungan dengan pemerintah adalah keterampilan yang bisa terus dipelajari seiring dengan bertambahnya jam terbang kita. Selain belajar melalui pengalaman sendiri alias learning by doing, kita juga bisa belajar dari tokoh panutan di sekitar kita, misalnya senior di tempat kita bekerja atau tokoh lainnya. Pengalaman dan keahlian mereka bisa menjadi referensi kita dalam menghadapi berbagai situasi saat berhadapan dengan perwakilan instansi pemerintah.

***

Itu tadi beberapa tips sederhana untuk memulai dan menjaga hubungan yang baik dengan pemerintah. Mengenali dengan siapa kita akan berhubungan dan bekerja sama akan menjadi awal yang baik untuk menentukan sikap dan menyesuaikan diri. Selain itu, dengan siapapun kita akan bermitra, jangan lupa untuk selalu berikap rendah hati, tulus, dan sopan. Ketiga hal tersebut akan menjadi dasar untuk menciptakan hubungan kerja yang baik dalam jangka panjang.